Aplikasi Really Simply System CRM ( RSS CRM ) Berbasis Open Source

Aplikasi Really Simply System CRM ( RSS CRM ) Berbasis Open Source




CRM (Customer Relationship Management) merupakan salah satu aplikasi sistem yang digunakan sebagai kebutuhan untuk pengaturan Marketing atau sales. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia CRM (Customer Realationship Management) adalah Manajemen Hubungan Pelanggan ( MHP ). Pada dasarnya fungsi CRM (Customer Realationship Management) untuk mengatur sistem komunikasi dalam pelayanan untuk mempertahankan pelanggan atau customer terhadap pelayanan dari perusahaan itu sendiri. CRM memiliki beberapa software yang berbasis Close Source maupun Open Source dalam membantu menunjang pengolahan. Software yang berbasis Open Source CRM dapat berupa aplikasi maupun website. Aplikasi CRM yang berbasis Open source yaitu Sugar, Suite, Capsule, RSS, dll. Salah satu software CRM yang berbasis Open Source yang akan dibahas dan masih jarang disinggung oleh beberapa pengguna CRM yaitu Aplikasi RSS (Realy Simply System). 
RSS (Realy Simply System) merupakan salah software CRM yang berbasis Open Source yang bertujuan untuk mengatur bisnis skala kecil. John Paterson merupakan Founder sekaligus CEO dari Perusahaan RSS tersebut. RSS dibangun dan dikembangkan pada tahun 2006 dan masih terus berkembang di seluruh dunia. RSS merupakan aplikasi CRM berbasis website Online jadi database yang digunakan tidak diketahui apakah menggunakan MySQL atau Postgres ataupun database lainnya. Penyimpanan data RSS disimpan pada storage cloud yang merupakan salah satu penyimpanan Cloud CRM terbesar di dunia. Perusahaan RSS saat ini terdapat di London dan Australia. Pelanggan yang sudah menggunakan aplikasi website mencapai 17.000 pelanggan pada tahun 2016 dan terus meningkat. RSS (Realy Simply System) Awalnya dibangun dengan Bahasa pemrogaman Classic ASP yang berjalan dibawah windows IIS yang saat ini sudah ketinggalan zaman dan banyak memiliki bug. Kemudian RSS kembali dikembangkan ulang dengan teknologi terbaru menggunakan API dan Jquery. Setelah tahun 2016 dibuatlah versi 5 yang diperbarui menggunakan arsitektur LAMP dengan bahasa pemrograman PHP dan framework Cake PHP. 
RSS memberikan penawaran pelayanan yang menarik dan tahap pelayanan yang menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Pengguna dapat menggunakan layanan gratis yang sudah disediakan atau menggunakan layanan berbayar. Layanan berbayar yang disediakan dikategorikan dalam 3 jenis ( Starter, Profesional, Enterprise ) dengan masing masing pelayanan yang berbeda. 
  1. Free
    Layanan Free pelanggan dapat mencoba trial selama 14 hari dengan layanan 2 user dan storage penyimpanan sebesar 100 MB secara gratis.
  2. Starter
    Layanan berbayar pada Starter memiliki 10 user dan storage penyimpanan sebesar 1 GB dengan biaya $14 atau Rp 189.000.
  3. Profesional
    Layanan pada paket Profesional memiliki unlimited user dan storage penyimpnan sebesar 5 GB dengan biaya sebesar $30 atau Rp. 405.000.
  4. Enterprise
    Layanan Enterprise memiliki layanan yang paling besar memiliki unlimited user dan storage penyimpanan unlimited yang dapat dinikmati dengan biaya $ 46 atau Rp. 621.000.
Melihat dari layanan yang diberikan dengan harga terjangkau membuat RSS menjadi salah satu CRM  yang sangat mendukung dan sederhana dalam pengelolaan data customer atau pelanggan yang mudah diakses melalui online. Pada RSS itu sendiri memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangan yang umum dijumpai yaitu RSS memiliki fungsi sistem terbatas karena lebih sesuai dengan bisnis kecil dibandingkan dengan perusahaan besar. Kelebihan yang dapat dirasakan dari segi harga yang terjangkau, melalui harga terjangkau pelanggan dapat mendapatkan pelayanan unlimited sesuai kebutuhan dari perusahaan atau bisnis yang kita miliki dan memiliki sistem yang sederhana yang mudah dimengerti oleh pelanggan yang baru memulai mengelola CRM dalam bisnisnya.


Komentar

Posting Komentar